Friday, 1 January 2016

Wisata Sedekah: Wisata Alternatif Mengisi Liburan yang Murah, Meriah dan Bermanfaat



Jika Anda bingung bagaimana mengisi liburan karena tidak ada budget, wisata sedekah adalah alternatifnya. Tidak perlu jauh-jauh, tidak perlu biaya besar, tetapi dijamin Anda mendapatkan kebahagiaan melebihi apa yang dapat diraih dengan liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri sekalipun. Berwisata keliling-keliling kota atau kampung sambil membagikan beberapa paket sembako bersama keluarga merupakan hiburan yang tidak cuma menyenangkan, tetapi juga bisa meningkatkan keimanan sekaligus mendidik anak-anak untuk memiliki jiwa sosial.

Caranya cukup sediakan beberapa paket sembako menurut kemampuan, boleh 5 atau 10 paket. Isinya juga terserah Anda, boleh minyak goreng, gula, teh, susu, mie instant, dll. Bawalah paket-paket itu keliling-keliling. Tugaskan anak Anda untuk mengamati orang yang ditemui di jalan yang kira-kira pantas untuk menerima sedekah. Boleh pedagang kecil, orang tua, pemulung, satpam atau apa saja, tetapi saya tidak menyarankan untuk memberikannya kepada “pengemis professional”.

Hal itu merupakan proses “coaching” kepada anak-anak untuk peka terhadap lingkungan di sekitarnya bahwa banyak sekali orang yang butuh bantuan serta mendidik mereka untuk bersyukur bahwa Allah masih memudahkan rezeki bagi keluarga Anda.

Setiap Anda menemukan orang yang pantas menerima sedekah, berhentilah dan bagikan satu paket. Kemudian lanjutkan perjalanan lagi untuk mencari “korban” berikutnya. Bisa juga divariasi dengan melakukan kunjungan kepada kerabat atau kenalan yang Anda pandang pantas untuk menerima sedekah sambil menyambung silaturahim. Ceritakan kepada anak-anak bahwa menyambung silaturahim juga merupakan amalan yang dapat membawa kita ke surga sebagaimana hadits berikut.

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam pernah ditanya oleh seorang sahabat, “Wahai Rasulullah kabarkanlah kepadaku amal yang dapat memasukkan aku ke surga”. Rasulullah menjawab; “Engkau menyembah Allah, jangan menyekutukan-Nya dengan segala sesuatu, engkau dirikan shalat, tunaikan zakat dan engkau menyambung silaturahmi”. (HR. Bukhari).

Silahkan coba tips ini dan rasakan kebahagiaan yang luar biasa menyelimuti diri Anda dan keluarga. Berwisata, bersedekah, dan mendidik anak menjadi satu paket murah meriah dan bermanfaat. Lakukan ini sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Mudah-mudahan dapat membawa barakah untuk Anda dan sekeluarga.

Baca Juga
Berangkat Umroh berbekal setengah cangkir kopi

No comments:

Post a Comment